Himne Aceh dan Zaman yang Dibicarakannya

Untuk kali pertama, Aceh memiliki lagu resmi. “Aceh Mulia” ditetapkan menjadi Himne Aceh. Artinya, lagu ini – dengan segala polemik yang timbul sebelumnya – akan kumandangkan dengan khidmat. Penuh penghayatan. Saya membayangkan, setiap acara resmi kenegaraan di Aceh, setelah menyanyikan lagu Indonesai Raya, para audien akan melantunkan himne ini dengan perasaan haru dan syahdu. Menjadi lebih syahdu, ketika para audien menyadari, mungkin ketika menutup mata, demi menghayati liril demi liriknya, Aceh telah memiliki dua “lagu kebangsaan.” Duh, dasar provinsi rasa negara!

Sebelumnya, Aceh sudah memiliki lagu “resmi,” walau tidak diberi nomor di lembaran negara. Yaitu, Aceh Lon Sayang dan Hikayat Prang Sabi.

Aceh Lon Sayang benar-benar hadir di dalam setiap relung hati orang Aceh. Melalui lagu itu, Aceh diberi makna sedemikian dalam, “Daerah Aceh tanoh lon sayang, nibak tempat njan lon udep mate.” Ada penekanan tentang kecintaan tanoh ie (tanah air) pada lagu itu, melalui alunan irama yang harmoni. Apabila kita mendengar keseluruhan lagunya, kita seperti diajak masuk jauh ke tanah Aceh yang subur, sejuk dan penuh kebahagiaan. Tanpa hiruk pikuk. Bahkan nir-politik.

Lagu berikutnya, Hikayat Prang Sabi, mengambil panggung yang berbeda, yaitu saat Aceh bergejolak dengan kuatnya, di awal reformasi  Indonesia.

Dengan arus perlawanan yang makin meninggi, saya mendengar lagu itu lamat-lamat awalnya. Lalu, menjadi menggelegar. Simak penggalan baitnya, yang diawali pujian kepada Tuhan, lalu ajakan untuk membela agama dari serangan kaphe. Lagu ini juga penuh dengan perbincangan eskatologis, ketika bunyi ancaman kepada mereka yang tidak mau ambil peran dalam perang suci, sekaligus janji balasan kebahagiaan bagi mereka yang rela mempertaruhkan nyawanya.

Namun, Himne Aceh, yang sedang kita bicarakan ini menawarkan cara baca baru tentang Aceh, setelah MoU Helsinki. Berbeda dengan dua lagu di atas – dalam pengertian pesan yang dibawa, namun serupa dalam menjaga spirit keacehan – hal yang malah kini menjadi perdebatan baru, tetang apa itu Aceh?

Himne Aceh harus pula dibaca dalam setting seperti berikut: dihadirkan sebagai bagian konsesi politik pasca perang, dalam ruang demokrasi. Konsesi politik yang memuat aspirasi identitas kacehan yang diperjuangkan GAM, selama tigapuluh tahun di lapangan perang.

Akan tetapi, karena dibicarakan dalam ruang demokrasi, himne ini tidak muncul dari aspirasi GAM semata – yang kini bertransformasi menjadi elit politik lokal – melainkan harus melibatkan masyarakat secara keseluruhan, daripada mengambil dari lagu-lagu Aceh yang bersimpati kepada perjuangan GAM sebelumnya. Hasilnya, terpilihlah lagu Aceh Mulia tersebut.

Lagu ini memiliki aransemen yang memikat, dengan harmoni suara yang menarik. Namun lebih dari itu, yang harus menjadi catatan bersama, adalah lirik yang dimiliki himne tersebut, menjelaskan tentang sintesa dari identitas Aceh yang sedang berlomba pasca konflik: Islamisme dan Etnonasionalisme.

Hal yang terbaca jelas dari lirik yang dipilih, seperti, “Bumoe Aceh njoe keuneubah Raja, Sigak meubila bansa.” Munculnya diksi bansa seperti transformasi dari pilihan kata daerah di lagu Aceh Lon Sayang. Bahkan tidak ada diksi daerah di himne Aceh itu sama sekali. Seperti ada penegasan, yang tampak kuat dari cara himne itu dinyanyikan, ketika diksi bansa disebut sampai dua kali. Seakan-akan, melalui himne ini, Aceh hendak dinyatakan sebagai entitas independen, atau minimal memiliki demarkasi dengan narasi besar nasion Indonesia.

Di atas segala itu pula, himne ini melakukan lompatan ketika memberikan konklusi bahwa identitas Aceh – sebagai sebuah bansa— dilandasi dengan Syariat Islam. Padahal kedua diksi itu lahir dari pergulatan politik yang panjang.

Diawali ketika gagasan formalisasi Syariat Islam menjadi penanda Aceh bersama Indonesia. Hal yang juga menjadi alasan mengapa ada pemberontakan politik pertama di Aceh atas nama Darul Islam. Sedangkan bansa  merupakan penanda baru tentang Aceh di hadapan Indonesia, melalui argumen sejarah dan hukum internasional yang disampaikan pendiri gerakan perlawanan. Namun, himne Aceh ini seperti hendak mengakhiri kontestasi dua identitas pasca konflik tersebut. Bahwa menjadi Aceh – sebagai bansa bukan lagi daerah – adalah ber-syariat Islam.

Bisa jadi, inilah wajah Aceh ke depannya. Bukan yang lain.

 

 

Komentar

  1. Aqila fadya Zahra

    Saya sangat senang dalam membaca tulisan ini karena tulisan ini mengingatkan kembali kepada pembaca nostalgia tentang lagu kebangsaan aceh yang banyak dilupakan oleh anak muda jaman sekarang, dan meingingatkan kembali lagu yang pernah menjadi lagu kebangsaan rakyat aceh,dan betapa berpengaruh nya himne terhadap sebuah provinsi dan kejadian yang terjadi diprovinsi tersebut ,terutama Aceh.Tetapi di tulisan ini saya agak kurang mengerti dan paham tentang sangkut paut himne.

  2. faradilla aprina

    Nama: faradilla aprina
    Nim: 2012018060
    Jurusan/unit: hes/1
    Tulisan ini sangat membantu,menambah pengetahuan kami lebih dalam tentang daerah aceh yang kita cintai khususnya pengetahuan tentang hymne atau pun tentang seni suara yang bersifat sakral. Alangkah lebih sempurnanya lagi jika di dalam tulisan ini dilampirkan cuplikan hymne tersebut sehingga kami bisa langsung mendengarkan hikmatnya hymne ini

  3. Mujibur Rahmah

    Kritik: aceh tetaplah menjadi daerah atau bagian dari Indonesia yang menjadi Negara kebangsaan kita, aceh bukanlah dan janganlah menjadi “bansa” yg disebutkan karna pada dasarnya aceh merupakan bagian dari bangsa Indonesia. Untuk menjadi Indonesia yang kebih baik dan maju, diperlukanlah peran2 dari daerah2 yang bergabung dalam suatu negara agar tercapainya hal2 yg lebih baik untuk bangsa kedepannya, termasuk daerah aceh yang terkenal dengan orang2 yang berani dan kuat.

    Saran: dengan adanya lagu himne aceh ini semoga rakyat aceh semakin kompak dan menjunjung tinggi nilai2 islam,saling menghargai dan memiliki rasa hormat kepada para pejuang dahulunya.

  4. Dayu pratiwi (HES U1/1-Nim:2012018022)

    Artikel yang bagus dan menarik untuk di baca.
    Setelah membaca ini saya lebih dapat memahami bahwasannya hymne aceh berisi puji-pujian supaya muncul rasa memiliki dan kebanggaan rakyat aceh kepada daerah nya.

  5. Julinda purnama sari. (HES Unit 1/1- 2012018041)

    Artikel ini sangat baik dan bagus dan untuk menjadikan sebuah pedoman bagi masyarakat aceh, menjadi sebuah inspirasi dan suatu kebanggaan bagi masyarakat aceh supaya menjadi lebih baik lagi dan
    artikel ini membakar semangat bagi masyarakat aceh

  6. Ema Junita Keliat

    Lagu himne ini mungkin hanya sebagian yang tau . Seperti lagu yang berjudul hikayat prang sabi saya sendiri juga baru tau kalau ini adalah lagu himne aceh . Semoga lagu lagu himne aceh ini tetap terjaga dan di kenal oleh masyarakat dalam aceh maupun luar aceh . Karna dari lirik lagu himne ini menjelaskan tentang sintesa dari identitas aceh yang sedang berlomba pasca konflik .

  7. Maisarah/ Prodi HES/NiM: 2012018010

    Membahas tentang himne aceh, tentunya sangat berpengaruh terhadap masyarakat aceh itu sendiri, dalam hal menyadari betapa indah tanah aceh tersebut, seperti yang telah penulis terangkan di atas, himne aceh memang tidak banyak yang tau apa lagi dikalangan masyarakat saat ini, dan artikel ini sangat memotovasi pembaca dan saya sendiri untuk mengulang kembali sejarah aceh yang begitu bersejarah. Tapi dalam artikel tersebut ada hal kurang jelas bagi saya bahwa dalam hal, “menjadi aceh sebagai bangsa bukan lagi daerah-bersyariat islam”, sedangakan disini himne aceh merupakan sebuah lagu daerah seperti “daerah aceh tanoh lon sayang” bagaimana sebuah himne dapat mengubah identitas tersebut. Jika penulis menjelaskan sedikit mungkin akan lebih mudah dipahami oleh pembaca yang bisa jadi bukan dari kalangan masyarakat aceh sendiri.

  8. DINDA WULANDARI (Hes U1/1 nim : 2012018096

    Artikel ini sangat menarik sekali, Dimana bahwasanya aceh itu mempunyai lagu-lagu yang sangat berkualitas bagus.
    Semoga dengan adanya lagu himne aceh ini,rakyat aceh dapat memiliki kembali lagu kebangsaan aceh dan bersyariat islam.
    Aceh lon sayang.

  9. Indina Tazkiya Lubis

    Nama : Indina Tazkiya Lubis
    Nim : 2012018042
    Jurusan : HES
    Unit : 1

    Menurut saya, tulisan ini sangat membantu para pembaca baik yang sama sekali tidak faham tentang aceh,maupun yang faham. Tetapi kembali lagi mengingatkan bahwa tiap” daerah memiliki keistimewaan nya masing”. Nah di tulisan ini saya semakin tertarik untuk tau lebih banyak tentang aceh. Melalui tulisan ini juga, bisa meningkat kan daya tarik pembaca tentang hymne aceh ini.
    Tetapi saya rasa tulisan ini bahasa nya masih agak susah dipahami. Alangkah baiknya tulisan ini ditabahkan dengan cuplikan hyme nya langsung.

  10. Agus Muliadi

    Artikel ini sangat baik dan bagus kerena dengan adanya artikel ini saya bisa tau bahwa aceh memilki lagu himne sendiri. Semoga lagu himne aceh ini tetap terjaga dan terkenal oleh masyarakat dalam aceh maupun diluar aceh.

  11. Sri Nurjanah HTN Unit 1 semester 1 NIM 2032018033

    Artikel ini sangat menarik karna membahas tentang himne Aceh
    Namun tidak boleh juga melupakan lagu kebangsaan Indonesia . Karna bagai manapun Aceh Masih tergabung Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia . Lagu himne Aceh akan semngkin mengisfirasi masyakat Aceh, mnjadikan Aceh Semngkin Berjaya.

  12. Wilda tahjia

    wilda tahjia
    Hes unit 1 semester 1

    Himne merupakan bentuk lagu doa atau pujian pujian yang menunjukan rasa syukur dalam sebuah lagu. Dalam hal ini himne adalah hal penting dalam perwujudan sebuah negara atau daerah. Bahasa yang dipakai harus mencerminkan daerah yang terdapat dalam himne tersebut. Jika himne aceh berarti harus mencangkup semua dari bahasa atau pun lain nya dari aceh itu sendiri.
    Lagu himne aceh terwujud untuk membangun rasa percaya diri rakyat aceh. Menyatukan seluruh rakyat aceh.jadi adanya lagu ini diharapkan rakyat Aceh semakin menjaga tali persaudaraan .
    Tulisan diatas sangat membantu mengetahui tentang himne aceh dan seharusnya memiliki cerita latar belakang nya himne aceh tercipta

  13. Agus Muliadi

    Artikel ini sangat bagus dan untuk menjadikan sebagai sebuah pedoman bagi masyarakat aceh. Kerena dengan membaca artikel ini saya jadi tw lagu himne aceh yang hanya sebagian orang saja yang tw saya berharap sekali bahwa lagu ini bisa terkenal bagi seluruh masyarakat baik didalam aceh maupun diluar aceh
    Sekian terimakasih!!!!!

  14. Delvia Mentari

    Nama : Delvia Mentari
    Nim :2012018043
    Prodi/unit : Hes/1

    Tulisan ini sangat membantu kami dalam mengetahui tentang aceh,salah satunya tentang himne aceh.
    Aceh merupakan salah satu provinsi yang tidak luput dari sejarah kelam,dibuktikan dengan lahirnya konflik antara TNI dan GAM.
    Menurut pendapat saya akan lebih baik jika tidak ada salahnya jika himne Aceh menggunakan bahasa indonesia dalam lirik lagunya karena Aceh sendiri merupakan bagian dari NKRI,yang terpenting setiap lirik lagunya tetap bernuansa Aceh yang nyata.

  15. Muthmainnah

    Nama. : Muthmainnah
    Nim :2012018083
    Jurusan/unit :Hes/01

    Saya sangat bangga menjadi orang aceh.karena,aceh sangat menjunjung tinggi nilai kebangsaan dan juga ketuhanan dari bait-bait lagu yang diceritakan. Kita dapat merasakan betapa besarnya pengorbanan mereka untuk aceh yang kita cintai sampai akhir masa.
    Dari cerita ini pun bisa membangkitkan semangat kita untuk mempertahankan tanah aceh yang kita cintai.

  16. Azzah ghaniyyah (HES Unit 1/1) nim: 2012018069

    Artikel yang bagus dan menarik untuk dibaca. Dengan adanya tulisan ini dapat membantu serta menambah pengetahuan bagi setiap pembaca tentang daerah aceh, khususnya tentang lagu hymne dan hikayat prang sabi. Dari tulisan tersebut kita dapat mengingat kembali apa maksud isi dari kedua lagu tersebut, supaya kita bisa merasakan kebanggaan menjadi rakyat aceh kepada daerahnya yang sejuk dan penuh kebahagiaan

  17. Alhafis haesa septama

    Nama :alhafis haesa septama
    NIM :2032018004
    JURUSAN :HUKUM TATANEGARA

    Berbicara tntang aceh.. aceh sangat kaya dngan keindahan alamnya.. dan slah satunya dngan itu aceh mnjadu smngkin terknal .. di tambah lagi dngan lagu2 khas aceh.. bahkan aceh memiliki lagu himnenya sendri.
    Lagu himne aceh akan semngkin menginfirasi warga aceh. Lagu yang membangkitkan smnagt masyarakat aceh..

  18. Karlinda wati

    Nama : Karlinda wati
    Nim :2012018070
    Jurusan: HES

    Setelah saya baca tulisan ini
    saya mengkritik tulisan ini sangatlah bagus,karana Budaya Aceh memiliki keanega ragaman budaya yang menarik khususnya dalam bentuk Tarian,Kerajinan,dan dari Lagunya sendiri.dari lirik lagu himne aceh kita bisa mengingat kembali tentang sejarah konflik pada masa dulu ,dan dari tulisan ini mahasiswa atau pelajar bisa mengingat kembali sajarah tentang Aceh.

  19. Ridha mustika sari

    Nama : Ridha Mustika Sari
    Nim : 2032018026
    Jurusan : HTN / 1 / sem1

    Saya sangat senang membaca artikel ini artikel yang sangat baik dan sangat mudah untuk kita pahami. Saya menjadi bangga tinggal di tanah aceh ini dengan kebudayaannya dan lain lain salah satunya saya senang dengan lagu lagu khas aceh yaitu lagu himne aceh.lagu himne tersebut dapat mengingat kan kita dengan kejadian di aceh dan dapat membangkitkan semangat warga aceh.

  20. Mira Gusmara

    Nama: Mira Gusmara
    Nim: 2032018020
    Prodi:HTN
    Unit/Semester: 1/I

    Artikel nya sangat bagus dan menarik untuk dibaca, artikel ini sangat membantu kami dalam mengetahui tentang Aceh dan lagu-lagu daerah nya. Dengan adanya nya lagu-lagu daerah Aceh ini akan membuat masyarakat diluar aceh lebih mengenal budaya Aceh dan lagu-lagu daerah nya.

  21. NABILA SYIFA*

    Menurut saya, artikel ini menyiratkan atau menyampaikan makna yang sangat bagus. Dimana dalam artikel ini, kita jadi paham maksud serta makna dari lagu atau himne yang selama ini hanya terngiang saja di telinga kita, bahkan ada juga penjelasan makna dari lagu yang tidak kita ketahui. Pembahasan tentang Filosofi filosofi dari sampel lagu yang diangkat juga memberikan kita informasi serta pemahaman. Namun, di beberapa penyampaian atau tulisan dalam artikel ini masih terdapat beberapa kalimat yang membingungkan atau bahkan memiliki ambiguitas yang mana pembaca tidak dapat memahami nya, dan juga penempatan tanda baca serta penggunaan kata yang mungkin kurang tepat dalam artikel ini. Namun secara harfiah, makna dari artikel ini bagus.

  22. musliadi

    NAMA : MUSLIADI
    NIM: 2032018025
    PRODI: HTN
    Tulisan ini sangat bermakna di baca karna di dalam nya mengandung makna2 tentang Aceh yang menjelaskan bagaimana sejarah yang ada di Aceh.
    dengan adanya lagu himne Aceh dan perang sabit kita dapat mgetahui bahwa Aceh sangat indah dengan kebudayaan yang ada, karna Dengan adanya lagu ini yang membuat rakyat Aceh bangkit.

  23. Mismida

    Artikel yang bangus dan menarik untuk baca dan di pelajari. karna dengan ada nya artikel ini banyak org uang lebih tau aceh.
    Tulisan ini saya makin tertarik untuk tau lebih banyak tentang aceh.
    Lagu himme aceh terwujud untuk membantu rasa percaya diri rakyat aceh

  24. Badratun Nafis -HES u1

    Melihat artikel ini,saya sangat setuju jika aceh menjadikan lagu resmi yang telah dikenal itu ditetapkan sebagai hymne aceh.Apalagi dinyanyikan pada saat acara resmi kenegaraan aceh,mungkin hymne aceh ini bisa dijadikan lagu kedua setelah *Indonesia Raya* Namun hal ini tidak mungkin bisa terjadi,karna aceh merupakan sebuah provinsi bukan negara.jadi harus dalam konteks yang bersifat demokrasi.
    hymne aceh ini sepertinya ingin melupakan kontestasi kedua identitas pasca politik yang lahir dikarnakan faktor pergulatan politik yang berkepanjangan.Dan *Hymne Aceh* ini pun sepertinya hanya mengklaimkan bahwa pada saat memberikan pendapat bahwa identitas aceh sebagai sebuah bangsa bukan lagi daerah dan dilandasi dengan syariat islam.
    Meskipun begitu,Artikel ini dapat dipahami bahwa didalam *Hymne Aceh* ini menunjukan identitas aceh yang sebenarnya,yaitu bahwa aceh bukan lah sebuah daerah tetapi merupakan sebuah bangsa.

  25. Ainal mardliyah

    Nama :Ainal Mardliyah
    Nim : 2012018047
    Jurusan : HES
    Unit /sem : I /1

    Artikel ini sangat menarik, sata bangga menjadi orang aceh. Artikel ini menyirat kan dan menyampaikan makna yg sangat bagus, kita bisa faham apa makna dari hymne tersebut, serta membuat kita menjadi tambah bangga terhadap nilai2 aceh, lagu hymne aceh ini sangat bermanfaat bagi kita, karna lagu ini mampu membangkitkan semangat dan cinta terhadap aceh,kita juga bisa lebih mengenal budaya2 di aceh

  26. Ramisah

    Nama : Ramisah
    Nim : 2012018081
    Jurusan : HES
    Umit /sem:1/1

    Artikel ini sangat menarik dan bagus, dengan adanya lgu himne aceh ini kita bisa mengenal budanya aceh, dari, saya bangga bisa menjadi bagian orang aceh dan karena aceh itu luar biasa,didalm himne aceh ini, kita bisa menemukan cerita yaitu kisah aceh tersendiri, kita bisa mengetahui tentang aceh yang sebenar ya, tpi dalam artikel ini saya sulit untuk memahaminya, iya itu, dari susunan kata-katanya, susah untuk dipahami, dan dimengerti, namun cerita dalam artikel ini sangat lh menarik.

  27. Arif maulana

    Nama : ARIF MAULANA
    Nim :2032018027
    Prodi/unit:HTN/1
    Fak :SYARIAH
    Semester :1

    Saya sangat terkesan dengab artikel ini
    Dengan membaca artikel ini menambah kecintaan saya terhadap tanah aceh
    Dan mengingat saya tentang lagu lagu aceh.

  28. jelita afrida ruslu

    Nama : Jelita Afrida Rusli
    Nim : 2012018001
    Prodi : HES
    Artikel ini sangat bagus dan sangat mengingatkan tentang bagaimana perjuangan aceh, tetapi artikel ini menggunakan bahasa yang sangat baku sehingga sulit untuk di pahami para pembaca .
    Himne aceh ini akan mengingatkan kita dan generasi -generasi penerus bagaimana perjuangan aceh terhadap berbagai konflik dengan penghayatan yang sangat dalam , baik dalam hal sejarah maupun dalam hal menyanyikan himne tersebut
    Himne aceh dibuat untuk mengakhiri 2 identitas pasca konflik,ini adalah sebuah gerakan yang sangat baik agar tidak terjadinya kembali perpecahan ,bahwa aceh bukan lagi daerah ,tetapi aceh adalah syariat islam .

  29. Mulyana safitri

    Nama : Mulyana safitri
    Nim: 2012018046
    Prodi/ unit: Hes/1

    Menurut saya artikel ini sangatlah bagus karena aceh mengandung nuansa islam .jadi dengan adanya lagu himne aceh masyarakat yang di luar aceh tau bangaimana adat istiadat aceh dan peristiwa peristiwa yang di alami warga aceh, saya sebagai warga aceh berharap sekali bahwa lagu ” himne aceh ” ini terkenal di seluruh indonesia bukan lagu himne aceh saja tapi semua lagu termasuk diantaranya lagu “hikayat prang sabi” .

  30. yuliana

    Nama : yuliana
    nim : 2032018012
    Prodi : HTN / 1

    artikel ini begitu menarik untuk dibaca, bahwa aceh memiliki lagu himne sendiri sesudah lagu indonesia raya.
    Artikel ini juga dapat menambah pengetahuan tentang perjuangan aceh, sejarah aceh melalui lagu, yang mungkin terlihat seperti hendak menjadi sebuah bangsa.
    namun pada kata ” bahwa menjadi aceh sebuah bangsa bukan lagi daerah bersyariat islam ” apakah mungkin sebuah himne dapat merubah identitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *